Review Kelas 27 Hari Mengubah Hidup, Ruangtraining.com

Last Updated on: 18th August 2023, 07:05 pm

review kelas 27 hari mengubah hidup by darmawan aji

Pernah mendengar tentang kelas self development “27 Hari Mengubah Hidup“? Penasaran, seperti apa sih kelasnya, dan apakah cukup ngefek untuk kehidupan kita? 

Baca ulasannya, sampai tuntas di artikel ini, ya 

Sekitar akhir Juli 2020, saya mendapat broadcast dari coach Aji, kalau Beliau punya kelas baru bernama “27 Hari Mengubah Hidup“. Sayangnya, waktu itu pas barengan dengan kelas animasi yang baru saja saya daftar. Jadi, terpaksa skip. 

Alhamdulillah, akhirnya bisa ikut batch ketiga di bulan Oktober 2020. 

Alasan daftar kelas “27 Hari Mengubah Hidup”

Sebetulnya, saya pernah ikut kelas serupa (tapi tak sama 😃) dengan kelas ini, namanya kelas “Tantangan Produktivitas 27 Hari”. Dan Alhamdulillah, kelas ini pun memberi pencerahan pola produktivitas yang tepat untuk saya. Review detilnya bisa dibaca pada artikel Review Kelas Online Tantangan Produktivitas 27 Hari

Tapi menurut Coach Aji, kelas ini banyak perubahan dan lebih lengkap. 

Satu hal yang paling membuat saya tertarik dengan kelas 27 HMH adalah IKIGAI. 

Kebetulan waktu itu baru saja membaca topik ini di blog Coach Aji, dan auto penasaran banget. 

Waktu habis baca artikel IKIGAI tersebut, saya langsung wondering, “apakah aku sudah tepat memilih pekerjaan? Kalau iya, kenapa kadang terasa berat, dan nggak bikin aku bahagia?

Alasan lainnya, saya sudah mencoba membangun kebiasaan baik; yang kata para motivator adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh para orang sukses. Misalnya membangun morning routine, olahraga, membaca buku, belajar hal baru, journaling, etc. 

Tapi seperti kata Neil Patel di salah satu video-nya, kebiasaan itu tidak membawa saya kemana-mana, semua jalan di tempat, termasuk pekerjaan. 

Makanya penasaran banget pengen ikut kelas ini, karena pengen tahu kenapa kebiasaan yang saya bangun, kok enggak membantu saya mencapai tujuan hidup saya. 

Alasan yang ketiga, adalah membebaskan diri dari “kutukan”. 😁

Seperti yang pernah saya tulis di post “My Awesome Review 2018” jika salah seorang guru SMK pernah berkata, jika saya tidak akan pernah dapat menyelesaikan satu pekerjaan pun. 

Dan bagi saya ini seperti sebuah “kutukan”. Ketika saya gagal, saya jadi punya kecenderungan menyalahkan diri sendiri, jika saya memang tidak pernah bisa menyelesaikan apapun. Hasilnya, saya pun akan murung, bad mood, selama berhari-hari. 

Karena itulah, waktu mendapat kesempatan ikut kelas tersebut, saya bener-bener berniat menyimak, mencatat, dan mengerjakan semua tugas yang diberikan di dalam kelas. 

Tentang kelas “27 Hari Mengubah Hidup”

Setiap tahun baru kita sering mendengar joke, 

“Resolusi gue tahun ini adalah melanjutkan resolusi tahun lalu, yang merupakan resolusi dari tahun kemarin yang belum selesai”. 

Kesannya sih memang lucu, ya. Dan jujur saya pun dulu termasuk yang tidak begitu peduli dengan resolusi ini. 

Tapi ….

Kadang kalau lihat kesuksesan teman yang merintisnya barengan, kadang jadi nelangsa, kan ya? 

Aduh, ngapain aja gue selama ini?”

Dulu tuh, dia cupu banget lho, kok sekarang udah jadi pengusaha sukses gitu?”

Masya Allah, iqra aja dulu lancaran gue, kok sekarang dia malah udah hapal 20 juz?”

Auto minder, deh. 😀

Hampir sebagian besar dari kita memang tanpa sadar memilih hidup seperti air mengalir, membiarkan lingkungan dan kebiasaan kita sehari-hari yang menggerakkan aktivitas keseharian kita. Barulah ketika ada kejadian tertentu (dengar kabar kesuksesan teman misalnya), kita pun sadar, “Ngapain aja gue, selama ini?”

Cita-cita punya, … tapi entah dia menghilang kemana

Tujuan hidup? Tahu dong, sudah sering dengar ceramahnya dari para motivator, pak Ustadz, juga Ustadzah. Tapi, ya gitu deh, susah konsisten. 

Nah, kira-kira seperti itulah isi dari kelas 27 Hari Mengubah Hidup ini; membuat perubahan, kemudian merencanakan, menganalisa dan mengasah kekuatan potensi diri, termasuk belajar mengatasi hambatan yang mungkin muncul. 

Kelas 27 HMH ini diciptakan oleh Darmawan Aji, seorang Productivity Coach, dan seorang praktisi NLP, dan penulis 6 judul buku laris, dan 1 planner. 

  • Productivity Hack
  • Hypnowriting
  • Hypnoselling
  • Life by Design
  • Mindful Life
  • Self-Coaching, plus 
  • 12 Week Productivity Planner.


Materi dalam kelas “27 Hari Mengubah Hidup”


Seperti yang saya ceritakan sepintas di atas, dalam kelas 27 hari ini kita akan belajar bagaimana mengubah dan mencapai tujuan hidup kita. 

Prinsip kelas ini menggunakan prinsip perubahan ala Gregory Bateson yang terdiri dari tiga level, yaitu Change, Learn, and Growth. 

Hari ke 1-3, materi persiapan; Melakukan persiapan untuk belajar dan tumbuh dengan lebih efektif. 

Hari ke 4-9 materi Change; merupakan materi bagaimana mengubah perilaku yang terlihat

Hari ke 10-19, materi Learn; pada materi ini kita akan belajar mengenali kemampuan dan ketrampilan yang sudah kita miliki agar perubahan lebih mudah dilakukan.

Hari ke 20-27; materi Growth; bagaimana melakukan perubahan mindset, belief, dan identitas

Proses pembelajaran dilakukan dalam grup Facebook tertutup. Setiap hari peserta akan mendapatkan materi sesuai dengan kategori di atas. Proses pembelajaran berlangsung dari Senin-Sabtu (Ahad libur). 

Materi disampaikan dalam bentuk tertulis di dalam grup, ditambah dengan suplemen pelajaran berupa video (dengan media YouTube), sheet untuk latihan, dan interaktif melalui zoom. (Alhamdulillah pas batch saya mendapat bonus tambahan dua kali sesi zoom). 

Oya, kelas ini terdiri dari dua kategori, kelas paket Basic, dan kelas paket Advance. Kelas basic berlangsung selama 27 hari (pas saya ada tambahan hari), kalau kelas advance berlangsung selama 3 bulan. 

Yang saya ikuti adalah kelas basic, jadi nggak begitu paham untuk yang kelas yang Advance. 

Pengalaman belajar di kelas self development “27 Hari Mengubah Hidup”

Karena memang sudah niat ikut, jujur ya exciting banget pas kelas di buka. 

Masuk ke materi pertama (materi persiapan) kami diminta membuat komitmen, juga mempersiapkan bagaimana kami akan mencatat dan mengerjakan latihan, juga mencari partner belajar. 

Apakah latihan harus dikerjakan? Buat saya wajib! 🔔

Ya, ngapain ikut kelas kalau nggak mau ngerjain latihan? Setiap jawaban dari tugas memang bisa dijawab di kepala kok, nggak susah dan nggak perlu pakai hitungan njelimet. Tapi apa iya, kalau hanya dijawab di kepala, semua alurnya bisa dilihat nanti, dan benar-benar membantu mengubah hidup? Susah kan?

🍵 Jadi, kalau ingin masuk kelas ini, jangan lupa siapkan buku atau catatan digital. Coach Aji nggak mewajibkan kok, mau nulis/ mencatat, dan mengerjakan tugas pakai apa; digital boleh, konvensional silahkan.  

Saya sendiri memilih menulis latihan dan materi di buku binder. Tujuannya, jika kelak tahun depan saya ingin merencanakan hidup lagi, tinggal menyisipkan saja perubahan yang saya buat, tidak perlu mengulang semua dari depan. 

Persiapan kedua yang harus teman-teman siapkan adalah waktu. ⌛⌛

Bagi saya, kelas ini benar-benar dapat mengubah hidup saya, salah satunya ya, karena melatih komitmen juga. Di awal kelas saya memilih menyimak pelajaran jam  8 pagi, tapi karena sering terganggu dengan jadwal pelajaran sekolah Hana, akhirnya pindah ke jam 9 malam, saat semua pekerjaan di rumah sudah selesai, dan saya benar-benar punya waktu untuk diri saya sendiri. 

review-kelas-27-mengubah-hidup-ruangtraining
Preview materi kelas 27 HMH dan
kolom cek perkembangan tugas

Masuk hari keempat (kategori pelajaran CHANGE), tugas dimulai. Pada tahap awal ini kami diminta memetakan kondisi kami saat ini; apa yang sudah dimiliki, dan apa yang diinginkan. 

Buat saya, ini adalah tugas terpanjang dari tugas-tugas yang lain, jawabannya banyak dan panjang-panjang. Saya memetakan posisi dengan membedakan setiap kategori hidup juga. Jadi ya gitu, lama. Jujur pas bagian ini saya merasa seperti menulis ulang Life Book. 😀😀

Pas mengerjakan tugas ini juga, saya jadi sadar, sebetulnya 

  • Apa saja yang saya sudah saya miliki 
  • Saya miliki tapi tidak saya inginkan
  • Saya inginkan tapi belum saya miliki
  • Dan tidak saya inginkan juga tidak saya miliki.
💕 Menuliskan atau menuangkan keempat hal tersebut, juga mengubah mindset saya. Sehingga saya lebih yakin dengan apa yang saya inginkan.

Sebetulnya, lama-tidaknya mengerjakan tugas, tergantung setiap peserta. Apa yang ditulis kan memang hidup masing-masing, keseharian masing-masing. Wajar kalau waktu yang dibutuhkan setiap peserta berbeda-beda. Saya sendiri rata-rata membutuhkan waktu 30 menit sampai 1 jam untuk mencatat dan mengerjakan tugas. 

Ada beberapa hari juga saya dan partner akuntabilitas sempat terseok mengerjakan tugas. Tidak karena kami malas mengerjakan, hanya bingung saja belum nemu jawabannya. Alhamdulillah ada beberapa sesi Live zoom, sehingga kami berkonsultasi langsung pada Coach Aji. 

Saya juga sempat beberapa kali mengubah prioritas, dan inilah yang kemudian membuat saya terseok mengejar ketinggalan tugas. 

Akhirnya saya menggunakan waktu libur kelas untuk mengejar ketinggalan. Dan syukurlah, cara tersebut membantu saya bisa “berjalan beriringan” lagi dengan teman-teman yang lain. 

Tugas di kelas 27 HMH ini saling berkaitan. Jadi, tidak bisa di skip, harus dikerjakan satu per satu, berurutan. Setiap tugas, akan menjadi pondasi untuk mengerjakan tugas berikutnya. 

Itulah mengapa, di awal materi isinya hanya membuat komitmen, dan mencari partner akuntabilitas. Karena kedua hal yang sepele ini benar-benar bisa membantu kita menyelesaikan setiap tantangan dengan baik. 

Di akhir minggu, peserta juga mendapat rangkuman materi dari Coach Aji, sehingga Insya Allah akan lebih mudah jika ingin review. 

Oya, di setiap materi dan tugas, peserta juga akan diminta membuat insight dan melapor jika sudah mengerjakan tugas. Nah, inilah yang nantinya bisa jadi pengukur seberapa besar komitmen peserta dengan komitmen untuk mengubah dirinya. 

Di grup facebook ini juga terdapat kolom untuk mengecek perkembangan pelajaran kita. 

Misalkan Tahap kedua terdiri dari 8 tugas, maka jika kita belum check tugas tersebut, maka bagian yang terlewar akan langsung kelihatan.

Pokoke enak deh, saya jadi merasa belajar membangun akuntabilitas saya sendiri.  

Apakah berat mengikuti kelas ini? Tergantung pribadi masing-masing, sih. 

Saya karena sudah capek dengan “hidup gue kok gini-gini aja“, jadi semua tantangan saya lakukan dengan senang hati, nggak terasa berat. Asik aja. 

review-kelas 27 HMH dari ruangtraining
Materi dalam bentuk video di YouTube

Review kelas “27 Hari Mengubah Hidup”

Disclaimer:

Sebelum masuk ke tanggapan dan review, saya ceritakan dulu ya, kondisi saya saat masuk kelas ini. 

Seperti juga dengan kelas online  lainnya, hasil yang diperoleh (dalam hal ini perubahan hidup berupa perubahan perilaku, cara berpikir, juga kebiasaan sehari-hari) akan sangat tergantung dari pengetahuan, tekad, juga pengalaman masing-masing. Jadi, hasil dan pengalaman yang saya peroleh, sebetulnya juga dipengaruhi ketiga hal tersebut. 

Saat masuk kelas ini, jujur saya sudah banyak mengenal juga praktek hal-hal yang terkait dengan materi dan tugas dalam kelas, seperti 

  • Building habit (membangun kebiasaan baik) 
  • Time management (pengaturan waktu)  
  • Cukup paham dengan kekurangan juga kelebihan saya sendiri (terkait dengan self efficacy dan willpower)
  • Sudah punya sistem yang memang membantu dalam keseharian saya


Karena itu, bagi saya materi di dalam kelas ini sudah biasa, dan lebih mudah saya praktekkan. 

Contoh saat materi pada hari #12, tentang menguatkan willpower dengan meditasi, journaling, menciptakan kebiasaan baru, olahraga rutin, melakukan tracking, dan lain sebagainya.

Kebiasaan di atas memang sudah saya bangun dan miliki. jadi saya hanya perlu memolesnya dan menyesuaikannya agar dapat membantu saya mencapai tujuan. 

Btw, dari kelas ini akhirnya saya tahu, apa alasan habit saya belum membawa saya kemana-mana. Selain karena belum sesuai dengan goals yang saya inginkan, habit tersebut saya lakukan hanya sekedar ingin saja, bukan merupakan bagian dari identitas saya. 

Tapi Alhamdulillah, meskipun belum tepat, habits tersebut telah membantu saya menguatkan otot willpower, dan memupuk self efficacy. 

Saya pun juga belajar bagaimana membangun struktur kebiasaan yang tepat, agar habit baru yang sedang dibentuk tidak sulit untuk dilakukan. 

Jadi kalau ditanya, seberapa besar manfaat kelas “27 Mengubah Hidup”? 

Banyak, sangat banyak. It’s does a life changing for me. 


Saya memasuki tahun 2021 dengan lebih pede, nggak gamang lagi. Kalau ada teman yang ramai daftar job ini-itu, saya nggak mudah teralihkan. Sekarang seperti punya rem sendiri, mana yang membantu mencapai tujuan, apa prioritas saya, intinya, saya lebih percaya diri dan lebih berani berdiri di kaki saya sendiri. 

Btw, mengenal apa yang kita mau dan apa yang enggak tuh, bermanfaat banget, lho. Pertama nggak bikin kita asal “Yes” aja. Terus berani “bilang TIDAK” kalau memang nggak pas di hati, atau terlalu mengganggu keseharian. Hasilnya. LEBIH HAPPY, dong … 😃😃

Harga kelas “27 Hari Mengubah Hidup”

Kelas online ditawarkan dengan harga yang cukup murah menurut saya, apalagi kalau melihat hasilnya, wah murah pakai banget!
review kelas 27 hari mengubah hidup darmawan aji

Harga kelas 27 Hari Mengubah Hidup:
Paket basic Rp 280.000
Paket Advanced Rp 370.000
———————————————

My rate for this class: 🌟🌟🌟🌟🌟
Sekian review saya tentang kelas “27 Hari Mengubah Hidup” dari ruangtrainging.com
Silahkan ikuti tautan berikut, kalau Sahabat RPB ingin mengikuti kelasnya: “27 HMH
Oya, kelas ini bukan kelas self paced, ya, artinya kita nggak bisa daftar kapan saja. Silahkan hubungi nomor WA berikut jika https://wa.me/62816995148
See you @ another class review, ya. Thank you for dropping by … 
Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *