Tips Memilih Mesin Cuci dengan Budget Terbatas

tips memilih mesin cuci

Last Updated on: 29th November 2023, 06:04 pm

Bagi sebagian orang, mesin cuci sudah merupakan kebutuhan. Tentu saja karena salah satu pekerjaan rumah tangga akan lebih mudah dan lebih cepat dilakukan. Kesibukan aktivitas saat ini, sering membuat kita tidak punya cukup waktu untuk mencuci baju, meski hanya sekedar membilas dengan tangan.

Bagi saya pribadi, menggunakan mesin cuci tidak hanya sekedar “menyelesaikan pekerjaan rumah tangga”, tapi inilah cara saya untuk “mendelagasikan” sebagian pekerjaan kepada pihak lain.

Karena itu, saat hendak membeli mesin cuci, saya banyak bertanya dan membaca tips memilih mesin cuci terlebih dahulu.

Jika Sahabat saat ini juga sedang hunting mesin cuci, berikut ini rangkuman lengkap memilih mesin cuci yang tepat.

Cara memilih mesin cuci jika budget kita terbatas

Saya mulai memilih mesin cuci mulai dari kapasitasnya terlebih dahulu, baru kemudian memilih tipe atau jenis mesin yang sesuai kebutuhan (semiotomatis, atau otomatis). Mesin cuci otomatis, umumnya juga lebih mahal dibanding mesin cuci yang semi otomatis.

Harga tentu juga mempengaruhi, meskipun murah, tapi kalau tidak sesuai dengan kebutuhan, akhirnya alah percuma bukan? Begitu juga sebaliknya, meski direkomendasikan banyak orang, kita mampu membayar, namun melebihi kebutuhan, akhirnya malah menjadi mubazir.

Oya, jika budget Sahabat tidak terlalu besar, Sahabat bisa, lho membeli mesin cuci second. Saat ini situs-situs jual-beli online juga menfasilitasi proses jual-beli mesin cuci second. Cara lainnya, cobalah ke toko elektronik atau gunakan mesin pencari untuk mencari penjual mesin cuci second di sekitar Sahabat.

Tapi sebelum check out, cek dulu panduan memilih mesin cuci di bawah ini, ya.

Tips memilih mesin cuci second

Ada dua hal utama yang harus Sahabat periksa, yaitu:

  1. Kondisi permukaan luar mesin; apakah ada goresan, bagian permukaan yang pecah, nggompel dan lain sebagainya.
  2. Kondisi mesin; jika mungkin mintalah penjual menunjukkan bahwa mesin cuci yang Sahabat pilih masih berfungsi dengan baik; misalnya tidak besuara berisik saat mesin beroperasi dan kondisi kabel tersambung dengan baik.
  3. Usia mesin cuci; pilihlah mesin cuci yang usinya kurang dari 1,5 tahun, dan jika mungkin masih dalam masa garansi.
  4. Harga; selalu pastikan jika harga yang ditawarkan penjual lebih rendah dari harga pasaran. Dengan adanya e-commerce saat ini, membandingkan harga mesin cuci tentu lebih mudah.

Sebagai panduan, Sahabat bisa memeriksa tautan di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi harga mesin cuci terbaik.

Jika Sahabat tidak menyukai perangkat elektronik second, Sahabat bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas lebih kecil dan fitur yang sederhana. Tapi tetap pastikan ketersedian garansi dan layanan after salesnya, ya.

Artikel update on: November 29th, 2023



Show 13 Comments

13 Comments

  1. kalau sudah berumah tangga kerasa banget mesin cuci itu sangat dibutuhkan. anakku masih 7 bulan, karena pernah kena penyakit gatal-gatal akibat biang keringat, dokter menyarankan ganti baju 4 kali sehari. kebayang kalo nyuci seminggu sekali numpuknya gimana. rumah masih ngontrak, kamar mandi kecil, kalau nyuci pake tangan bisa makan waktu lamaaaa.. sejak ada mesin cuci urusan mencuci jadi gampang, bisa sembari mengerjakan tugas-tugas lain di dapur, jemuran juga cepet kering jadi besoknya bisa langsung pakai. ๐Ÿ™‚

  2. Lebih baik mesin cuci yang model di masukin dari atas atau yang dari samping ya mbak?

  3. Yap, bener banget mas. Sesuatu yang penting, tp sering dilupakan

  4. Bener banget mbak. baju s kecil juga bisa lebih cepat kering kalau ada mesin cuci.

  5. Kalau saya lebih suka yang di masukin dari atas (semi otomatis). Listriknya lebih hemat dibanding yang dari samping. APalagi saya hanya keluarga kecil, cukuplah mesin cuci yang bukaan atas.

  6. kalau aku lebih milih yang daya tampung cuciannya berkilo – kilo, maklum satu keluarga bajunya banyak banget ๐Ÿ˜€

  7. Untuk mesin cuci sendiri saya lebih suka yang permukaan luarnya menggunakan bahan plastik jadi tidak mudah berkarat mbak. ๐Ÿ™‚

  8. kl barang elektronik saya gak pernah berani beli bekas. satu, krn punya sifat gak teliti dan kedua males tau2 rusak terus mesti reparasi terus keluar biaya lagi… apalagi kl garansi udah abis…

  9. boleh juga nih mbak tips nya, tapi kadang juga suka takut ketipu karena kadang penampilan bagus, eh mesinnya yang rewel setelah beberapa kali pakai

  10. Wah, kita sama dong, mbak. Yang permukaan plastik juga lebih enteng di kantong bisane

  11. Wah, kita sama dong, mbak. Yang permukaan plastik juga lebih enteng di kantong bisane

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *