3 Persiapan Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu, yang Sebaiknya Anak Sudah Miliki

persiapan masuk sekolah SDIT

Last Updated on: 15th June 2023, 02:39 pm

Saat mendaftarkan hana ke sebuah sekolah dasar Islam Terpadu (IT) saya tidak pernah menyangka, jika masih ada persiapan masuk sekolah yang belum saya lakukan.

Seperti pengalaman semalam, Hana lagi-lagi merengek, kebingungan tidak bisa membaca huruf Arab dalam buku pelajaran bahasa Arab. Gara-garanya, kosakata yang digunakan disana menggunakan huruf mati dan tawjid yang belum ia paham benar.

Saya pikir ini salah saya juga kenapa dulu tidak memasukkan Hana ke pendidikan TPA atau kelompok-kelompok pengajian lain agar ia lebih terampil membaca huruf Arab. Akhirnya gini deh, giliran masuk SDIT, Hana masih sering kebingunangan membaca tulisan Arab.

3 Persiapan masuk sekolah dasar Islam Terpadu

Saat mematangkan niat masuk ke sekolah full day, saya matangkan dulu toilet training dan juga kemandirian Hana dalam mengurus dirinya sendiri karena tidak ingin merepotkan guru Hana kelak. Dan saya pikir ini sudah cukup; tapi setelah Hana masuk sekolah selama beberapa bulan ini, saya sadar, jika ingin memasukkan anak ke Sekolah Dasar Islam Terpadu, agar lebih mudah dan anak juga lebih merasa nyaman, sebaiknya anak sudah menguasi 3 hal utama berikut ini;

#1. Membaca

Materi di sekolah Hana menggunakan tematik, dan tidak terlalu banyak menggunakan text book seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya. Isi buku pelajarannya pun nggak begitu banyak tulisan. Mencatat materi pelajaran pun biasanya juga tidak banyak.

Hanya saja, karena di SDIT biasanya ada pelajaran hapalan, atau bahasa asing lain, kemampuan membaca tentu akan sangat membantu anak di sekolahnya.

Alhamdulillah di sekolah Hana ada pelajaran tambahan untuk yang belum lancar membaca.

Tapi menurut saya, jika anak sudah mampu membaca, hal ini akan lebih nyaman dan memudahkan anak untuk mengikuti pelajaran.

Jadi, bila saat ini sudah berniat memasukkan si kecil ke SDIT, sementara kemampuan membacanya masih kurang, coba tanya ke sekolah yang dituju terlebih dahulu, apakah sekolah tersebut menyediakan bantuan dari sekolah untuk meningkatkan kemampuan membacanya tersebut.

Oiya, yang saya maksud dengan kemampuan membaca tidak hanya melafalkan rangkaian kata ya, tapi juga memahami apa yang dimaksudkan dalam bacaan.

#2. Mengaji/ mengenal dan mampu membaca huruf arab

Begitu masuk sekolah, Hana sudah mulai diwajibkan menghapal juz’amma. Tidak ada standar khusus, kapan anak harus selesai menghapal surah pendek. Hanya, namanya anak-anak, kompetisi mulai muncul saat teman-temannya sudah mampu menghapal beberapa surah, sementara ia hanya beberapa saja.

Meskipun sudah mampu membaca Iqra 3, tapi membaca rangkaian huruf arab yang panjang masih sedikit sulit untuk Hana.

Jadi, kalau memang sudah niat memasukkan anak ke SDIT, mempersiapkan anak mengenal dan membaca huruf Arab termasuk persiapan yang tak kalah pentingnya.

Artikel terkait: Akhirnya, Anakku Mau Ngaji Juga

#3. Lulus toilet training

Rata-rata jam belajar di SDIT itu dari pagi sampai siang. Akan sangat merepotkan jika anak belum lulus toilet training. Kasihan para guru kelak jika masih harus membantu muridnya ke kamar mandi, kan?

Bisa saja para guru sudah mempersiapkan diri menghadapai murid-murid yang belum lulus toilet trainingnya, tapi tetap, mengajar saja sudah cukup capek lho, masak kita musti tambahin lagi dengan pernak-pernik seperti itu?

So, mumpung masih ada waktu, mantapkan hati untuk melatih anak agar mampu memenuhi kebutuhan pribadinya sendiri.

Oya, saya ada catatan lain ni. Ketiga persiapan diatas itu memang sepertinya mudah dan sepele, tapi pada prakteknya, it can drive you crazy. 😀

Butuh kesabaran lebih dari kesabaran kamu nungguin episode lanjutan ongoing drama. 😂😂😂 Rasanya antara baper, kesel, sebel, dan …el …el lainnya. Jadi, siapkan hati. Kalau udah kesel take a break dulu, jangan sampai malah jadi ngomel-ngomel panjang pendek sama anak.

Itulah 3 hal penting yang saya catat selama beberapa bulan Hana masuk SDIT. Semoga membantu mempersiapkan sekolah si Kecil, ya.

Show 3 Comments

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *