Pengalaman Menggunakan Jasa Teknisi Jaringan IndiHome

Pengalaman Menggunakan Jasa Teknisi Jaringan IndiHome

Last Updated on: 28th February 2023, 03:24 am

Sudah tahu belum, kalau tanggal 4 September adalah hari Pelanggan Nasional? 

Nah, dalam rangka memperingati hari tersebut, saya mau cerita pengalaman saya menggunakan jasa internet provider IndiHome. 

Tapi saya nggak akan cerita tentang kekuatan sinyal dan lainnya, ya, tapi tentang teknisi IndiHome; topik yang sering banget jadi keluhan para calon pelanggan provider ini. 

Tidak perlu bayar untuk meminta bantuan teknisi IndiHome 

Hari itu kami baru saja pulang dari sekolah. Tapi langsung ketemu masalah karena TV nggak mau nyala saat terkoneksi dengan WiFi, sementara lampu indikator pada router dan STB juga tidak menunjukkan masalah apa pun. 

Saya langsung menghubungi bagian Customer Service IndiHome untuk menanyakan kemungkinan adanya masalah pada jaringan. 

Surprise juga, waktu mereka bisa tahu, bahwa memang koneksi TV saya sedang bermasalah. Tidak lama setelah dibuatkan tiket pengaduan, Bapak teknisi yang dulu juga memasang instalasi telepon menghubungi untuk mengonfirmasi kendala di rumah. 

Setelah deal jam ketemu, bapak teknisi Indihome pun datang tepat waktu. Tidak sampai berjam-jam perbaikan selesai dilakukan, dan kami sudah dapat kembali menikmati hiburan, 

Ternyata masalah pada TV sepele saja, sambungan yang menghubungkan STB dan TV kendor, sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal. 

Hari itu, si Bapak Teknisi (sorry, lupa tanya nama waktu itu) juga mengajari kami cara untuk menemukan gangguan ringan pada saat pemakaian, sekaligus bagaimana cara mengatasinya. Seperti masalah yang baru kami saja alami ini, lampu indikator oke, STB oke, tapi layar TV tetap blank. 

Usai memperbaiki masalah kami, si Bapak teknisi Indihome pamit pulang, tanpa meminta bayaran sepeserpun. Hal ini mengingatkan saya saat punya niat ingin menggunakan jasa internet provider IndiHome. 

Saat itu saya maju-mundur untuk mengajukan pemasangan karena banyak mendengar pemasangan internet provider ini ada biaya plus-plusnya di luar biaya yang sudah ditentukan, biaya khusus untuk teknisi. 

Saat hendak memilih jaringan IndiHome sebagai provider layanan data di rumah, saya banyak membaca review dan pengalaman tidak sedap tentang teknisi dari perusahaan Telkom Group ini. Para teknisi IndiHome hanya mau survey dan pasang jaringan jika dibayar. 

Jujurly, saya nggak suka cara seperti itu. Karena saya jadi tidak bisa memperkirakan berapa biaya yang harus saya keluarkan. Dan tentu rasanya menyebalkan bukan jika harus membayar untuk sekedar survei saja? 

Ada juga review yang menyebutkan teknisi yang datang kadang nakal dan meminta tambahan untuk biaya penyambungan kabel. Kabel koneksi utamanya sengaja dicarikan yang jauh agar ada biaya tambahan pemasangan. 

Menurut saya, seorang teknisi lapangan seharusnya masuk dalam kelompok daftar layanan pelanggan. Dan orientasi mereka seharusnya memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Mereka adalah petugas yang masuk pada kelompok ujung tombak sebuah perusahaan. Karena itulah mereka wajib memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai dengan standar perusahaan. Tidak mengada-ada demi keuntungan sendiri. 

Sikap seperti ini, tentu akan sulit dimiliki oleh seorang teknisi jika mereka tidak memiliki sense of belonging terhadap perusahaan. Biasanya, mereka melihat memenuhi kebutuhan pelanggan adalah ladang untuk menambah cuan

Selain perlu memiliki sense of belonging terhadap perusahaan, mereka juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 

Biasanya, saya menilai mereka dari cara pemilihan kata yang digunakan. Saya tidak minta diperlakukan sebagai raja sih, tapi kalau ketemu dengan orang baru dan cara mereka berkomunikasi baik, tentu asik, kan? 

Meskipun seorang teknisi jaringan internet provider lebih banyak bekerja dengan kabel dan perangkat keras, namun tidak dapat dipungkiri jika sesekali mereka harus berhubungan juga dengan pelanggan. Terlebih para teknisi lapangan yang notabene terjun langsung berhubungan dengan customer. 

Syukurlah, saya bertemu dengan teknisi yang mampu berkomunikasi dengan baik. Sebelum datang ke rumah petugas teknisi dari IndiHome kemarin mengonfirmasi kedatangannya terlebih dahulu dan bersedia menyesuaikan dengan waktu luang kami. 

Sebelum mulai bekerja, bapak Teknisi IndiHome ini juga menanyakan dimana, dan bagaimana jalur kabel ingin dipasang. Beliau juga memberikan solusi agar rumah kami tetap terlihat rapi meski ada jalur kabel jaringan di dalam rumah. 

Saya menyukai cara Beliau bekerja, karena tidak hanya sekedar “yang penting kerjaan gua beres“, tapi berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memberikan win-win solution saat saya ingin router berada di posisi yang lebih dekat dengan meja kerja, sementara saya juga berencana menggunakan WiFi untuk hiburan keluarga (konek ke TV). 

Saat router yang Beliau bawa ternyata tidak dalam kondisi maksimal, Beliau tidak keberatan menukar perangkat dan kembali ke rumah agar kami mendapatkan router yang tepat dan dalam kondisi baik. 

Usai pemasangan Beliau juga masih memonitor bagaimana koneksi di rumah kami,dan apakah ada permasalahan saat menggunakan pertama kali menggunakan. 

Kami juga diajari bagaimana mendaftar channel tambahan, do and dont’s pemeliharaan router, sampai bagaimana mengganti password WiFi.   

Selama pemasangan saya juga tidak keluar uang sedikitpun, meski Beliau harus bolak-balik ke kantor, gudang, dan ke rumah saya untuk menukar perangkat. 

Jadi menurut saya (dan ini pun dikonfirmasi oleh sales dan customer service) sebetulnya tidak ada biaya tambahan saat pemasangan jaringan internet provider IndiHome, terlebih biaya khusus untuk teknisi. Bahkan jika teknisi nakal, kita bisa melaporkan langsung kepada customer service atau sales tempat kita mendaftar layanan pertama kali. 

Tapi jika Sahabat RPB masih ragu, saat mendaftar langganan layanan, coba pastikan terlebih dahulu, apakah ada biaya tambahan untuk teknisi saat survei, biaya tambahan untuk perpanjangan kabel, dan lain sebagainya. 

Bagi saya, sampai saat ini layanan after sales IndiHome sudah cukup memenuhi kebutuhan pelanggan. Setiap ada masalah dengan jaringan, baik customer service ataupun teknisi cepat mengatasi. 

Belum lagi tambahan layanan dan bonus lain yang sering saya terima. Intinya, cukup puas lah, dengan internet provider dari Telkom Group ini. 

Okay, itulah pengalaman saya saat menggunakan jasa teknisi jaringan IndiHome yang bener-bener nggak ada tambahan biaya sama sekali. 

Semoga pengalaman ini bermanfaat, ya, dan bisa jadi bahan pertimbangan untuk menentukan layanan internet provider untuk Sahabat. 

Terima kasih sudah mampir di blog RPB.

Show 4 Comments

4 Comments

  1. Di rumah bapak sudah pakai Indihome dong… Alhamdulillah, selama ini belum ada kendala apa-apa sih. Semoga tetap selalu seperti itu. Aamiin…

  2. Di rumah bapak sudah pakai Indihome dong… Alhamdulillah, selama ini belum ada kendala apa-apa sih. Semoga tetap selalu seperti itu. Aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *